Beranda
> Sekolah Alam Amani > Standar Management KBM SA Amani
Standar Management KBM SA Amani
Planning Management
I. Semester Plan
- Sudah siap 1 minggu sebelum semester berjalan
- tertata, tersusun rapi menggunakan folder
- mencakup item keseluruhan
II. Spider Web
- Spiderweb dibuat untuk setiap tema
- Mencakup multiple intelegen
- Mencakup living value
III. Amani Lesson Plan & List to Do
- Menyiapkan Amani Lesson plan 1 semester
- Menyiapkan List to Do untuk setiap weeknya
- Menyiapkan worksheet untuk seluruh materi (Matematik, bahasa, IPA & teknologi, IPS, PPKn, Agama, dll)
IV. Perencanaan Special Activity
- Perencanaan Performance
- Perencanaan Outing / Kunjungan Museum
- Perencanaan market Day / Bisnis Day
V. Media Teaching
- Menyiapkan Media teaching games outdoor dan indoor
- Perangkat Praktikum
- Menyiapkan Media teaching role play
Teaching Skill
I. Tata tertib kelas
- Guru sudah ada di dalam kelas 5 menit sebelum jam pelajaran
- Memastikan siswa masuk dan keluar kelas dengan tenang
- Murid mematuhi aturan atau disiplin kelas.
II. Bahan Pengajaran
- Sudah menyiapkan recourse yang menunjang materi
- Menyiapkan alat – alat peraga / percobaan (Praktikum)
- Menyiapkan lembar kerja untuk group middle, upper, lower
III. Strategi Pengajaran
- Strategi pengajaran Individu
- Strategi pengajaran berpasangan
- Strategi Pengajaran bentuk Group/Classical
IV. Teknik pengajaran
- Sistim station, Role Play, Treasure Hunt, Game, dll
- Traditional system dengan lembar kerja
- Computer based exam
V. Pemanfaatan Fasilitas
- Menggunakan perpustakaan dan Audio Visual secara rutin
- Menggunakan green lab secara rutin
- Ke kelas komputer dan music
Class Management
I. Peraturan Kelas
- Peraturan kelas dan konsekuensi kelas didisplay
- Memastikan Peraturan dan Konsekuensi dijalankan
- Class warning system didisplay
II. Class Communication
- Guru memakai indoor voice
- Murid memakai indoor voice
- Guru dan murid sudah memakai bahasa komunikasi sederhana dalam bahasa inggris
III. Administrasi kelas
- Menyimpan data siswa, portfolio, rapor narasi. Catatan attitude anak.
- Menyimpan surat keluar, surat masuk, communication book, dll
- Menyiapkan Lesson plan, bank soal, resource/literasi
IV. Kerapihan
- ATK, buku paket, library class, paper shelf tertata dengan rapi
- Teacher desk, lemari, serta barang – barang milik guru tertata rapi
- Kursi, sepatu atau sendal, juga tas siswa tertata dengan rapi
Display
I. Board Display
- Mendisplay subjek materi –per corner (matematika, bahasa, ipa, teknologi, IPS, PPKn, dll)
- Setiap corner memiliki judul sesuai dengan materi
- Memuat bahasa interaktif misalnya dalam bentuk pertanyaan
II. Isi Board
- Setiap corner diberi judul sesuai materi
- Setiap pekerjaan anak didisplay + mounting
- Tulisan terlihat dan terbaca jelas dari jarak jauh dan dalam posisi selalau rapi (tidak berantakan / berjatuhan)
III. Teknik Display
- Mendisplay dengan 2 dimensi
- Mendisplay dengan 3 dimensi
- Mendisplay dengan gigantic art
IV. Ragam Display
- Mendisplay buku – buku penunjang
- Mendisplay alat bantu belajar mengajar misal timbangan, kaca pembesar, dl
- Happening art
V. Hasil Kerja siswa
- Bentuk lembar kerja
- Bentuk buku dan laporan buatan siswa
- Percobaan, dll
Contribution to school
I. Disiplin
- Absensi kedatangan dan kepulangan mengajar tepat waktu
- Rapat datang tepat waktu
- Pembinaan datang tepat waktu
II. Partisipasi
- Berpartisipasi aktif dalam meeting
- Commitment dengan hasil meeting
- Menjalankan tugas – tugas seperti eskul, studi lapangan dan lain lain
III. Komite
- Ikut berpartisipasi dalam komite sekolah. Misal: komite matematik, ipa, dll
- Memberikan ide pada komite
- Berperan aktif dalam lomba – lomba dari pemerintah ataupun instansi lain yang mengangkat nama baik sekolah
IV. Kepedulian
- Peduli terhadap barang – barang milik sekolah seperti perpustakaan, komputer, ATK , dll
- Peduli untuk lingkungan kebersihan kamar mandi, lapangan bermain, ruang kelas, dll
- Peduli akan fasilitas sekolah seperti playground, Mushola dan lain lain
V. Loyalitas
- Menjaga nama baik sekolah
- Mematuhi aturan sekolah secara umum
- Memberikan gagasan untuk kemajuan sekolah
Relationship and Communication
I. Hubungan positif
- Menjalin hubungan positif dengan guru dan karyawan non guru
- Orang tua dan murid
- Masyarakat, dinas, atau sekolah lain
II. Saling menghargai
- Dalam bentuk team work
- Sesama guru
- Sesama staff dan yayasan
III. Saling mendukung
- Supporting dalam mencari alternatif/solusi masalah di sekolah sesama guru
- Orang tua
- Lintas struktur
Kelas : ……………………..
Wali Kelas : ……………………..
Jl. Pintu Air Wadas Rt.01/02 Ds. Wadas Kec.Telukjambe Timur |
||
Karawang. Telp. 0267 – 8455807 |
Kategori:Sekolah Alam Amani
Komentar (0)
Trackbacks (0)
Tinggalkan komentar
Lacak balik