Beranda > Sekolah Alam Amani > Standar Management KBM SA Amani

Standar Management KBM SA Amani

Planning Management  

I. Semester Plan

  1. Sudah siap 1 minggu sebelum semester berjalan
  2. tertata, tersusun rapi menggunakan folder
  3. mencakup item keseluruhan

II. Spider Web

  1. Spiderweb dibuat untuk setiap tema
  2. Mencakup multiple intelegen
  3. Mencakup  living value

 

III. Amani Lesson  Plan & List to Do

  1. Menyiapkan Amani Lesson plan 1 semester
  2. Menyiapkan List to Do untuk setiap weeknya
  3. Menyiapkan worksheet untuk seluruh materi (Matematik, bahasa, IPA & teknologi, IPS, PPKn, Agama, dll)

 

IV. Perencanaan Special Activity

  1. Perencanaan Performance
  2. Perencanaan Outing / Kunjungan Museum
  3. Perencanaan market Day / Bisnis  Day

 

V. Media Teaching

  1. Menyiapkan Media teaching games outdoor  dan indoor
  2. Perangkat Praktikum
  3. Menyiapkan Media teaching role play

 

 

Teaching Skill

I. Tata tertib kelas

  1. Guru sudah ada di dalam kelas 5 menit sebelum jam pelajaran
  2. Memastikan siswa masuk dan keluar kelas dengan tenang
  3.  Murid mematuhi aturan atau disiplin kelas.

 

II. Bahan Pengajaran

  1. Sudah menyiapkan recourse yang menunjang materi
  2. Menyiapkan alat – alat peraga / percobaan  (Praktikum)
  3. Menyiapkan lembar kerja untuk group middle, upper, lower

 

III. Strategi Pengajaran

  1. Strategi pengajaran Individu
  2. Strategi pengajaran berpasangan
  3. Strategi Pengajaran bentuk Group/Classical

 

IV. Teknik pengajaran

  1. Sistim station, Role Play, Treasure Hunt, Game, dll
  2. Traditional system dengan lembar kerja
  3. Computer based exam

 

V. Pemanfaatan Fasilitas

  1. Menggunakan perpustakaan dan Audio Visual  secara rutin
  2. Menggunakan green lab secara rutin
  3. Ke kelas komputer dan music

Class Management

I. Peraturan Kelas

  1. Peraturan kelas dan konsekuensi kelas didisplay
  2. Memastikan Peraturan dan Konsekuensi dijalankan
  3. Class warning system didisplay

 

II. Class Communication

  1. Guru memakai indoor voice
  2. Murid memakai indoor voice
  3. Guru dan murid sudah memakai bahasa komunikasi sederhana dalam bahasa inggris

 

III. Administrasi kelas

  1. Menyimpan data siswa, portfolio, rapor narasi. Catatan attitude anak.
  2. Menyimpan surat keluar, surat masuk, communication book, dll
  3. Menyiapkan Lesson plan, bank soal, resource/literasi

 

IV. Kerapihan

  1. ATK, buku paket, library class, paper shelf tertata dengan rapi
  2. Teacher desk, lemari, serta barang – barang milik guru tertata rapi
  3. Kursi, sepatu atau sendal, juga tas siswa tertata dengan rapi

 

Display

I. Board Display

  1. Mendisplay subjek materi –per corner (matematika, bahasa, ipa, teknologi, IPS, PPKn, dll)
  2. Setiap corner memiliki judul sesuai dengan materi
  3. Memuat bahasa interaktif misalnya dalam bentuk pertanyaan

 

II. Isi Board

  1. Setiap corner diberi judul sesuai materi
  2. Setiap pekerjaan anak didisplay + mounting
  3. Tulisan terlihat dan terbaca jelas dari jarak jauh dan dalam posisi selalau rapi (tidak berantakan / berjatuhan)

 

III. Teknik Display

  1. Mendisplay dengan 2 dimensi
  2. Mendisplay dengan 3 dimensi
  3. Mendisplay dengan gigantic art

 

IV. Ragam Display

  1. Mendisplay buku – buku penunjang
  2. Mendisplay alat bantu belajar mengajar misal timbangan, kaca pembesar, dl
  3. Happening art

 

V. Hasil Kerja siswa

  1. Bentuk lembar kerja
  2. Bentuk buku dan laporan buatan siswa
  3. Percobaan, dll

 

Contribution to school

I. Disiplin

  1. Absensi kedatangan dan kepulangan mengajar tepat waktu
  2.  Rapat datang tepat waktu
  3. Pembinaan datang tepat waktu

 

II. Partisipasi

  1. Berpartisipasi aktif dalam meeting
  2. Commitment dengan hasil meeting
  3. Menjalankan tugas – tugas seperti eskul, studi lapangan dan lain lain

III. Komite

  1. Ikut berpartisipasi dalam komite sekolah. Misal: komite matematik, ipa, dll
  2. Memberikan ide pada komite
  3. Berperan aktif dalam lomba – lomba dari pemerintah ataupun instansi lain yang mengangkat nama baik sekolah

 

IV. Kepedulian

  1. Peduli terhadap barang – barang milik sekolah seperti perpustakaan, komputer, ATK , dll
  2. Peduli untuk lingkungan kebersihan kamar mandi, lapangan bermain, ruang kelas, dll
  3. Peduli akan fasilitas sekolah seperti playground, Mushola dan lain lain

 

V. Loyalitas

  1. Menjaga nama baik sekolah
  2. Mematuhi aturan sekolah secara umum
  3. Memberikan gagasan untuk kemajuan sekolah

 

 

Relationship and Communication

 

I. Hubungan positif

  1. Menjalin hubungan positif dengan guru dan karyawan non guru
  2. Orang tua dan  murid
  3. Masyarakat, dinas, atau sekolah lain

 

II. Saling menghargai

  1. Dalam bentuk team work
  2. Sesama guru
  3. Sesama staff dan yayasan

 

III. Saling mendukung

  1. Supporting dalam mencari alternatif/solusi masalah di sekolah sesama guru
  2. Orang tua
  3. Lintas struktur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas         : ……………………..

Wali Kelas  : ……………………..

Jl. Pintu Air Wadas Rt.01/02 Ds. Wadas Kec.Telukjambe Timur

Karawang. Telp. 0267 – 8455807

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: